8 Tanaman Yang Ampuh Sebagai Pengusir Nyamuk


Nyamuk merupakan hewan yang sangat mengganggu bagi manusia, karena gigitanya yang membuat kulit menjadi gatal dan bentol. Tak hanya itu nyamuk dapat menyebabkan penyakit DBD, jika tidak diobati secara serius penyakit ini akan membuat si perderita menjadi kehilangan nyawanya.

Saat memasuki musim penghujan tentu nyamuk menjadi lebih banyak. Nah, maka dar itu anda bisa mencari cara alternatif untuk mengusir nyamuk tersebut secara alami. Dengan menggunakan tanaman, saya rasa tidak hanya mengusir nyamuk saja, melainkan dapat menambah estetika dari taman atau rumah anda.

Tanaman yang mampu mengusir nyamuk sangat banyak sekali, dan tanaman tersebut bisa ditanam di luar rumah maupun di dalam rumah.

Tanaman pengusir nyamuk tersebut antara lain:

1. Serai Wangi



Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini. Tanaman ini selain berfungsi sebagai bumbu masakan ternyata dapat digunakan untuk mengusi nyamuk ,lho. Tak heran biasanya lotion anti nyamuk banyak menggunakan tanaman ini sebagai ekstraknya. Serai wangi sangat mudah ditanam dan dapat tumbuh di berbagai iklim, sehingga anda dapat menanam serai wangi dengan sangat mudah.

2. Lemon Balm



Tanaman ini mengandung senyawa sitronela yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Seperti namanya lemon balm tentu menghasilkan bau seperti lemot yang sangat segar. Namun bau tersbut sangat dibenci oleh nyamuk. Tanaman ini bisa tumbuh dengan tinggi 80-100 cm, tanamn ini bisa tumbuh dengan cepat.

3. Lavender


Lavender memiliki bunga yang cerah dan memiliki bau yang wangi, tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Nyamuk sangat tidak suka dengan bau bunga lavender, banyak lotion anti nyamuk yang menggunakan aroma tanaman ini. Tanaman ini hidup di iklim tropis, sehingga cocok ditanam di Indonesia. 25-30 species tanaman ini tersebat diseluruh dunia.

4. Bunga Rosemary



Tanman ini memiliki bunga dan daun yang sangat cantik dan bisa mengelurkan aroma yang sangat menggangu bagi seekor nyamuk. Bunga rosemary memiliki bau yang sangat menyengat, sehingga cocok untuk mengusir nyamuk di luar maupun dialam rumah anda. Tanman ini tergolong tanaman yang sangat kuat, karena sangat tahan jika terkena matahari dan penyakit. Untuk menanam, anda bisa mencangkok secra langsung bagian tanaman ini.

5. Daun Selasih



Siapa sih yang tak penah kenal dengan tanaman satu ini ? Selasih biasanya diambil bijinya untuk digunakan menjadi campuran minuman. Daun selasih selain untuk mengusir nyamuk juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan. Tak hanya dalam rungan, tanaman ini jug abisa ditanam diluar ruangan. 

6. Catnip



Catnip adalah tanaman semak yang tumbuh liar di beberapa daerah seperti Eurasia dan Amerika Utara. Tanaman ini dapat membuat kucing menjadi nge-fly jika kucing tersebut memakan-nya. Catnip mengandung nepetalactone yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Selain dapa tmengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir tikus, lho.

7. Bunga Kamboja



Bunga Kamboja sering kita temui disekitar pemakaman, tanamn ini tahan terhadap cuaca yang panas sehingga cocok untuk ditanam di Indonesia. Aroma dari tanaman ini snagatlah sedap, namun bagi nyamuk aroma tersebut dangat mengganggu. Tanman ini akan bagus jika digunakan untuk menghias taman anda, karena bisa tumbuh dengan tinggi sampai dengan 6 meter. Bunga dari tanaman ini ternyata laku untuk dijual, karena bisa digunakan untuk parfum.

8.  Zodia



Zodia banyak ditemui di daerah papua, tanaman ini sangat banyak dibudidayakan disana. Masyarakat Papua bisa menggunakan aroma dari tanaman ini untuk mengusir nyamuk. Selain dengan cara tersebut anda juga bisa mengoles daun zodia ke kulit anda secara langsung. Dengan tinggi hanya 70 cm tanaman ini cocok untuk ditaruh didalam ruangan

Itulah tanaman yang merut saya dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan sangat ampuh. Jika anda berminat dengan salah satu diatas tak ada salahnya untuk mencoba tanaman tersebut, semoga sukses jika anda mencobanya langsung.

0 Response to "8 Tanaman Yang Ampuh Sebagai Pengusir Nyamuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel