Macam-Macam Teknik Menanam Hidroponik


Lahan yang semakin sempit sangat tidak memungkinkan untuk melakukan bercocok tanam. Hidroponik merupakan sitem yang dirancang untuk mengatasi kekurangan lahan saat melakaukan cocok tanam. Dengan adanya sistem ini, banyak orang yang teratrik untuk melakukannya.

Dengan bermodalkan alat-alat bekas atau seadanya, anda dapat melakukannya dengan mudah dirumah. Jika anda lebih serius untuk menggeluti di bidang ini, memungkinkan sistem hidroponik akan menjadi sebuah ladang uang yang banyak memberikan keuntungan.

Macam-Macam Teknik Menanam Hidroponik

Teknik menanam hidroponik ada beberapa macam anatara lain :

1. Wick Sistem ( Sistem Sumbu)



Wick system tergolong teknik hidroponik paling mudah dan cocok untuk pemula. Karena anda bisa melakukan langsung dengan barang bekas yang ada disekitar anda, antara lain ember bekas dan styrofoam bekas. Air dalam sistem ini tidak mengalir, untuk sampai ke tanaman, air membutuhkan sebuah sumbu yang berfungsi mengangkut air tersebut. Sistem ini cocok untuk tanaman kecil dan tidak membutuhkan banyak air.

2. NFT Sistem



NFT merupakan singkatan dari Nutrient Film Technique yang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. A. J. Cooper pada tahun 1960-an. Sistem ini menggunakan sebuah pipa yang berfungsi mengalirkan air serta nutrisi untuk tanaman. Akar tanaman akan tercelup sebagian didalam air yang bercampur nutrisi tadi.

Teknik ini tidak membutuhkan banyak air, sehingga cocok untuk daerah yang kekurangan air. Kelemahan dari sistem ini yaitu jika salah satu tanaman terkena penyakit kemungkinan semua tanaman akan terkena penyakit sejenis.


3. Drip Sistem



Drip sistem merupakan teknik yang populer selain sistem wick. Cara kerja dari teknik ini adalah meneteskan nutrisi kepada tanaman sehingga tanaman tidak mengalami kekeringan.Namun, sistem ini membutuhkan daya listrik untuk meneteskan nutrisi tersebut. Tidak seperti sitem wick yang tidak menggunakan listrik sedikitpun.


4. Water Culture Sistem


Pada teknik ini anda membutuhkan sebuah pompa udara untuk membuat gelembung udara dan air stone, pompa yang biasa digunakan adalah pompa udara aquarium yang harganya cukup terjangkau. Sebenarnya teknik ini sama dengan teknik wick, karena sama-sama tidak emnggunakan air yang megalir.

Yang membedakan adalah suplai udara yang dibutuhkan untuk memberi oksigen kepada tanaman. Pompa udara akan menngalirkan udara ke air stone sehingga menghasilkan gelembung udara dan memberikan suplai oksigen kepada tanaman.

5. Aeroponik Sistem



Dalam sistem ini nutrisi akan diubah menjadi bentuk kabut dan disemprotkan ke akar tanaman. Dengan menggunakan kabut sehingga nutrisi akan banyak mengandung oksigen maka penyerapan nutrisi oleh tanaman semakin baik. Pertumbuhan tanaman akan jauh lebih cepat dari teknik lainya, namun modal yang dubuthkan untuk teknik ini sangat besar.


6. Ebb & Flow System



Jika anda menggunakan ini anda tentu membutuhkan alat timer untuk mengatur waktu pengaliran nutrisi oleh pompa air. Dalam sistem ini tanaman akan mendapatkan nutrisi dan oksigen dari bak penampung yang dipompa ke media tanam yang bertujuan membasahi media tersebut. Dalam beberapa selang waktu akir yang berada di dalam media tanam akan kembali ke bak penampungan. Sehingga tanaman tidak tergenang dan kekurangan air. Kendala teknik ini adalah mahalnya alat yang dibutuhkan sehingga membutuhkan modal yang besar.

0 Response to "Macam-Macam Teknik Menanam Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...