Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media Tanam Hidroponik

Sumber : www.rimolgreenhouses.com

Hidroponik merupakan suatu cara atau sistem baru yang memiliki berbagai kemudahan dan kelebihan, dari kemudahan dan kelebihan tersebut hidrponik tentu memiliki kekurangan. Nah, bagi anda yang belum mengerti atau baru memulai bercocok tanam hidroponik tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan tersebut.

Apa sih Hidroponik Itu ?

Hidroponik berasal dari kata "hidro" yang memiliki arti yaitu air. Nah, dari kata tersebut merupakan cara bercocok tanam yang menggunakan media air. Tidak seperti biasanya yang menggunakan media berupa tanah. Jadi,air tersebut berfungsi sebagai pengganti tanah yang dapat memberi nutrisi pada tanaman.

Kelebihan Sistem Hidroponik

  • Penggunaan lahan menjadi lebih hemat dan efisien, karena hidroponik dapat diletakan dimana saja asalkan mendapat asupan sinar matahari yang cukup bagi tanaman. Penataan dan posisi hidroponik pun beragam yakni vertikal,hosizontal,dan miring menggunakn rak, posisi tesebut memungkinkan untuk menghemat lahan untuk bertanam.
  • Tidak menggunakan tanah, hal ini membuat tanaman yang terdapat pada sistem hidroponik tidak menyentuh tanah sama sekali, alhasil tanaman tersebut jauh lebih bersih daripada tanaman yang ditanam di tanah.
  • Penggunaan pupuk lebih efisien, dengan menggunakan pupuk berupa cair akan mempercepat penyerapan nutrisi oleh tanaman. Hal ini akan membuat penggunaan pupuk lebih efisien.
  • Resiko terserang hama dan penyakit lebih kecil.
  • Hasil panen yang didapat lebih banyak dan cepat.
  • pH menjadi lebih terjaga.
  • Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja.
  • Pertumbuhan tanaman lebih cepat.

Kelemahan Sistem Hidroponik

  • Membutuhkan modal yang lumayan besar, hal ini karena alat yang dibutuhkan untuk media tanam hidroponik cukup mahal. Jika anda memulai dengan skala yang lebih besar maka modal yang dibutuhkan untuk awal tentu lebih besar.
  • Membutuhkan keterampilan dan kreatifitas yang cukup, hidroponik akan berasa murah jika anda memiliki keterampilan khusus untuk membuat alat yang dibutuhkan dalam hidroponik.
  • Membutuhkan ketelitian yang ekstra, karena dalam pemberian nutrisi dan pengecekan pH membutuhkan ketelitian yang ekstra. 
Nah, bercocok tanam pada media hidroponik tergolong gampang-gampang susah. Dari kelebihan dan kekurangan diatas akan memberikan pertimbangan untuk anda yang ingin memulai becocok tanam hidroponik. Namun penanaman menggunakan dengan media hidroponik sangat banyak memiliki keunggulan dibandingkan menggunakan tanah.

Setelah meilihat kekurangan dan kelebihan diatas apakah anda masih berminat untuk bertanam dengan media hidroponik ? jika iya selamat mecoba dan sukses. Jangn lupa untuk share post ini supaya teman anda tahu kekurangan dan kelebihan hidroponik.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media Tanam Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel