Cara Menanam Jahe di Pot dan Polybag Dengan Benar



Menanam jahe di Pot tau Polybag merupakan solusi untuk mengatasi tidak tersedianya lahan untuk penanaman jahe. Dengan menggunakan Pot atau Polybag anda bisa menanam jahe didepan rumah tau disamping rumah.

Jahe merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat, antara lain sebagai pencegah kanker, mengatasi masalah pencernaan, serta bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman rimpang yang memiliki tinggi antara 30 cm sampai 100 cm dan memiliki tulang daun menyirip.

Menyiapkan Media Tanaman Jahe

Media tanaman yang dibutuhkan untuk tanaman jahe adalah tanah pasir dan pupuk organik. Dengan perbandingan 1:1 antara pasir dan pupuk. Sebaiknya pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang atau pupuk organik sebagai media tanam jahe. 

Pemilihan Bibit Jahe




Setelah selesai menyiapkan media tanam untuk jahe, selanjutnya adalah pemilihan bibit. Kriteria bibit yang baik untuk jahe adalah berwarna cokelat, tidak terdapat penyakit, beruur tua, dan tidak terdapat luka disekitar bibit tersebut.

Bibit jahe yang baik digunakan adalah yang berusia 9-10 bulan, dengan ukuran 2-3 jari.

Sebelum ditanam lakukan penyemaian terlebih dahulu. Dengan cara menyimpan bibit disebuah ruangan hingga tumbuh tunasnya. Tempat yang digunakan harus kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Menanam Tanaman Jahe

Setelah jahe keluar tunasnya maka langkah yang harus dilakukan adalah memindahkan tunas tersebut ke media tanam yang telah disediakan sebelumnya. taruh 3-5 tunas dalam satu pot atau polybag, lalu tutupi dengan tanah 3-5 cm.

Letakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena tunas tanaman jahe sangat mudah menguning jika terkena paparan sinar matahari langsung. jangan lupa berikan air secukupnya untuk tanaman jahe.

Perawatan Tanaman Jahe

Lakukan penyiraman tanaman jahe saat sore hari hingga tanaman jahe berumur 3 bulan. Lakukan pemupukan tanaman jahe saat berusia 2 bulan, dengan tujuan untuk mencukupi nutrisi tanaman jahe dalam media tanam.

Pemanenan Jahe

Jahe dapat dipanen saat berusia 12 bulan, dimana pada usia tersebut jahe yang dihasilkan akan memiliki beras 2 samapi 5 kiligram per satu polybag.

Setelah mencabut dari tanah, bersihkan jahe dari tanah menggunakan air dan angin-anginkan setelah selesai mencuci. Setelah itu tanaman jahe bisa disimpan maupun dijual.


Nah, itulah cara penaman jahe menggunakan media pot atau polybag. Mudah bukan? sekarang anda dapat mengaplikasikan-nya langsung dirumah. Semoga sukses dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel