Cara Menanam Bawang Merah Menggunakan Polybag



Bawang merah merupakan bumbu pokok yang sering digunakan oleh masyarakat. Tak heran jika bawang merah naik maka emak-emak akan merasa terbebani. Tujuan penanaman bawang merah pada polybag adalah sebagai pengurangan pengeluaran keuangan.

Tumbuhan yang bernama Allium cepa var. aggregatum ini memiliki daun yang berbentuk bulat kecil memanjang dengan panjang sekitar 50-70 cm. Bawang merah terbukti mengandung vitamin c, kalium serat, dan asam folat.

Selain berguna untuk membuat bumbu masakan, bawang merah juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Antara lain manfaat tersebut adalah mengobati penyakit demam dan kembung pada anak, mengobati penyakit batuk, mengobati penyakit kencing manis, dan masih banyak lagi.

Berikut langkah langkah menanam bawang merah menggunakan polybag yang bak dan benar:


1. Pemilihan Bibit Bawang Merah

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih bawang merah untuk dijadikan bibit. Jika anda membeli bibit bawang merah dari toko pertanian maka bibit tersebut tinggal menanam saja.

Jika anda menggunakan bawang merah dari sisia dapur maka pilih bawang merah tersebut yang berumur tua.

Ciri-ciri bawang merah yang berumur tua adalah memiliki warna yang lebih gelap daripada bawang merah merah yang masih muda. 

Pastikan bawang yang anda pilih tidak dalam kondisi busuk. Selain itu pilih bawang merah yang sudah muncul tunasnya, hal ini akan mempercepat penanaman bawang merah tersebut.

2. Menyiapkan Media Tanam

Untuk menanam bawang merah menggunakan polybag maka gunakan media tanam yang berkualitas. Karena media tanam sangat mempengaruhi pertumbuhan dari si bawang merah tersebut.

Gunakan tanah, pupuk kompos atau  pupuk kandang, dan arang dengan perbandingan 1:1:1. Gunakan polybag dengan ukuran yang pas, antara lain 30 x 40 cm.

3. Menanam Bawang Merah

Setelah selesai menyiapkan media tanam bawang merah, selanjutnya adalah menanam bawang merah kedalam media tersebut.

Anda bisa menanam bawang merah dengan jumlah 3 umbi per satu polybag. Jangan lupa untuk memberi jarak yang pas, jika jarak tanaman terlalu rapat maka pertumbuhan bawang merah tersebut menjadi tidak maksimal.

Jarak yang pas untuk menanam bawang merah pada polybag adalah 15 cm dari tanaman bawang merah yang lain.

4. Perawatan Tanaman Bawang Merah

Untuk merawat tanaman bawang merah sebenarnya tidak lah sulit. Tanaman bawang merah akan mendapatkan hasil yang maksimal jika terkena sinar matahari sepanjang hari. sedangkan untuk penyiraman tanaman, lakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Jika anda ingin bawang merah tersebut menjadi organik maka cukup berikan pupuk kandang atau kompos. Namun jika anda ingin memupuk dengan pupuk buatan gunakanlah pupuk NPK dengan takaran 1 gr per satu polybag. Usia yang baik untuk pemupukan ini adalah 6 minggu.

5. Memanen Bawang Merah

Usia yang pas untuk pemanenan bawang merah adalah saat berusia 100 hari. Ciri-ciri bawang merah yang sudah siap dipanen adalah ditandai dengan daun yang menguning serta daun yang roboh. Untuk pembailan bawang merah anda tinggal mencabut saja dari tanah.

Jangan pisahkan antara bawang merah dengan daunnya jika anda ingin menyimpan bawang tersebut lebih lama. Karena pemisahan antara daun dan bawang akan membuat bawang cepat membusuk. Setelah itu gantung bawang beserta daunnya di seuatu tempat atau lebih dikenal dengan diangin-anginkan.

Nah, itulah cara penanaman bawang merah menggunakan polybag yang benar. Jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan aplikasikan cara tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel